Kaprodi Pendidikan Biologi Go To Korea Mengikuti Workshop Pengembangan kurikulum berbasis computer atau MBL (microcomputer-based laboratories)”

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Pada tanggal 5 juli 2018, Dr. Baiq Fatmawati, M.Pd di undang secara khusus oleh Prof. Minshu Ha dr Kangwon National University untuk mengikuti workshop Microcomputer based laboratory kegiatan ini berjudul ” Pengembangan kurikulum berbasis computer atau MBL (microcomputer-based laboratories)” kegiatan ini jg di ikuti oleh 2 PT lainnya yaitu: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas PGRI Semarang. Berdasarkan penjelasan dari Dr. Baiq Fatmawati, kegiatan MBL ini merupakan metode eksperimen sains menggunakan komputer untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menganalisis data.

Prinsip penggunaan eksperimen berbasis MBL adalah menghubungkan sensor dengan perangkat lunak (software) dalam computer. Sebagai contoh, MBL dapat dilakukan untuk pengukuran gaya, tekanan, suhu, tegangan dan arus listrik, intensitas cahaya, UVB dan UVA, aliran aliran, oksigen terlarut, pH, dan lain-lain. Diharapkan dengan penggunaan eksperimen berbasis MBL diharapkan dapat memfasilitasi lingkungan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Selain itu, peserta didik juga dapat dengan mudah mengumpulkan data yang mendukung pembelajaran berbasis inquiri. MBL ini dapat diaplikasikan pada bidang ilmu IPA ( Biologi, Fisika dan Kimia).

Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, ke depan akan ada kerjasama research mengenai MBL dengan universitas yang telah terlibat. Secara pribadi Dr. Baiq Fatmawati berharap dapat mengaplikasikan dan mengembangkan keilmuan dalam bidang ilmu Biologi yang beliau tekuni selama ini. (F/05)

Berita sebelumnya

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi

Bersaing dan Berbudaya Santri