Mahasiswa Pend. Biologi FKIP Jadi Juara Duta GenRe Tingkat Nasional 2018

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Kegiatan duta GenRe Tingkat Nasional ini merupakan ajang apresiasi bagi para Duta Generasi Berencana di seluruh Indonesia atas apa yang mereka lakukan terkait program Generasi Berencana di provinsi masing-masing. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Acara ini berlangsung dari tgl 20-24 Oktober 2018 di Mercure Hotel Convention Center Ancol Jakarta.
Seperti yang ditayangkan oleh Tribunnews.com, Plt kepala BKKBN Sigit priohutomo saat menghadiri acara malam final Pemilihan duta GenRe tahun 2018. Bahwa tujuan utama dari seleksi pemilihan Duta GenRe Indonesia adalah untuk menanggapi permasalahan remaja yang terjadi di Indonesia. Remaja-remaja dihadapkan berbagai permasalah memprihatinkan seperti pernikahan dini, seks bebas, narkoba, pornografi, dan permasalahan serius lainnya.

Adapun jumlah peserta yang terlibat dalam ajang ini seperti diungkapkan oleh Sigit Priohutomo yaitu “ini adalah malam final pemilihan Duta GenRe seluruh Indonesia dengan peserta 131 orang dari 34 provinsi, baik wakil dari jalur pendidikan dan juga jalur masyarakat,” ujar Sigit, di Krakatau Ballroom, Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta Utara, Selasa malam (23/10/2018).

Para remaja membutuhkan role model untuk menjadi sosok remaja yang positif dan dapat merencanakan kehidupan msa depannya. Disinilah kemudian seorang duta GenRe harus berperan sebagai role model tsb. Memberi contoh yang baik, juga menjadi sumber informasi bagi remaja lainnya.

Melalui ajang aprsiasi duta ini, program2 inovatif dari duta GenRe seluruh Indonesia ditampilkan dan diharapkan efektif menekan angka pernikahan dini, seks bebas dan narkoba, yang mnjadi concern issue dari GenRe. Melalui apresiasi ini pula, dapat mendorong para duta, baik yang terpilih menjadi juara nasional maupun tidak, untuk terus menjalankan program di provinsi masing-masing. Memberi insipirasi bagi remaja2 lainnya.

Secara rinci kegiatan ini berlangsung dalam beberapa tahap. Selama kurang lebih 4 hari peserta dikarantina. Pembekalan dari BKKBN, Menteri Kesehatan, Menpora, CNN Indonesia, para wirausahawan muda, menjadi rangkaian kegiatan. Selain itu terdapat sesi penjurian peserta, mulai dari penjurian poster dan presentasi program, wawancara, dan praktik KIE (Komunikasi Informasi Edukasi) hingga memasuki grand final dan final.

Dalam kesempatan ini, mahasiswa prodi pendidikan biologi angkatan 2017 atas nama Dina Uswatun Hsanah meraih juara 2 Duta GenRe Nasional dalam jalur pendidikan. Ia berharap benar-benar bisa menjadi role model yang positif di kalangan remaja di lingkungannya, dan yang paling dekat yaitu di lingkungan kampus tercinta Universitas Hamzanwadi.

Berita sebelumnya

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi

Bersaing dan Berbudaya Santri