Closing Program PPK ORMAWA PGSD Universitas Hamzanwadi

Aik Prapa  -  Rabu, 22 November 2023 Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPS PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi mengadakan penutupan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) yang dilaksanakan di Kantor Desa Aik Prapa, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Wakil Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi, Bapak Kepala Desa Aik Prapa, Perangkat Desa dan Perwakilan Lembaga Desa Aik Prapa, Kepala Sekolah sasaran program, Pembina dan Tim PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tanggal 7 Juli 2023 – 18 November 20223 di Desa Aik Perapa Kecamatan Aikmel berjalan sesuai dengan yang diharapkan, dengan beberapa program yang telah terlaksana, diantaranya: Pendampingan Teras baca literasi numerasi, teras baca jelajah lingkungan, teras baca digital, teras baca merdeka, dan teras baca festival seni. Bapak Kepala Desa Aik Prapa menyampaikan “Dari semua program yang telah dilaksanakan oleh tim PPK ORMAWA HMPS PGSD memberikan beberapa faktor positif sejak kehadiran Tim PPK ORMAWA HMPS PGSD di Desa Aik Berapa selama 6 bulan terakhir menghadirkan silaturahmi yang baik dengan masyarakat yang ada di Desa Aik Perapa hususnya di Dusun Sempur Lauk dan Sempur Daya masyarakat sangat antusias menyambut setiap kedatangan Tim berkunjung”.

“Selain itu, statistik dari pernikahan dini di Desa Aik Perapa sedikit berkurang kemungkinan faktor yang menyebabkan ialah karena ada rasa malu dari remaja disana karena melihat kehadiran Tim PPK atau rekan mahasiswa yang lain di usia mereka adalah usia produktif untuk menuntut ilmu” Tambahnya Kades yang di sapa Pak Tuan ini.

Selain itu penyampaian dari perwakilan instansi pendidikan di lingkup Desa Aik Perapa dapat di apresiasi bahwa rekan rekan mahasiswa memberikan dampak positif terhadap perkembangan anak yang awalnya pemalu dalam belajar baik membaca maupun berhitung menjadi aktif belajar karena tidak ada batasan kedekatan dengan kakak kakak mahasiswanya.

Pada acara penutupan tersebut juga tak lupa para rekan-rekan mahasiswa juga memberikan ucapan terimakasih kepada pihak desa dengan memberikan kenang kenangan kepada pihak desa & pihak sekolah selain itu juga agar silaturahmi tidak terputus dimana program ini tidak terputus sampai di sini saja Tim PPK ORMAWA juga menjalin kerjasama antara Pihak Kampus fakultas ilmu pendidikan universitas hamzanwadi dengan pihak Desa Aik Perapa yang di tanda tangani langsung oleh bapak wakil dekan fakultas ilmu pendidikan, sesuai dengan permintaan bapak kepala desa berharap agar program program kemahasiswaan tidak berakhir sampai disini saja namun berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan FIP Bapak Dr. Lalu Parhanuddin, M.Pd. juga menjelaskan “Program ini adalah bagian yang terpenting untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mengkontruksikan dan mengimplementasikan keilmuannya bidang Pendidikan. Harapan dari Bapak Kepala Desa akan kami tindak lanjut terus menjadi program berkelanjutan sebagai bentuk eksistensi LPTK kami dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi”.

Pada sesi akhir Tim PPK ORMAWA HMPS PGSD juga melakukan serah terima media pembelajaran ke pihak pihak Sekolah yang ada di Desa Aik Perapa agar dimanfaatkan sebagai penguatan literasi dan numerasi.