• Post By:

    Admin

  • Category:

    #Pages

  • Date:

    2023-02-04

Visi dan Misi Fakultas Ilmu Pendidikan

     A. VISI

      “Tahun 2041 menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan yang berdaya saing global dalam mengembangkan sumber daya manusia berbasis budaya santri.”

     B. MISI

      Untuk mewujudkan visi tersebut, ditetapkan lima misi, sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran calon guru berbasis kompetensi standar tenaga kependidikan dengan mencerminkan budaya, lingkungan, dan kapasitas santri.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam rangka menemukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga untuk mencerdaskan masyarakat. 
  3. Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk mendorong potensi masyarakat agar terwujud masyarakat yang madani dan sejahtera.
  4. Menyelenggarakan tatakelola LPTK yang berpegang pada prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan berintegritas.
  5. Mengembangkan kerja sama multipihak dalam pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional.

C. TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan FIP Universitas Hamzanwadi adalah sebagai berikut:

  1. Terwujudnya calon guru yang kompeten yang menjunjung tinggi nilai dan budaya kesantrian.
  2. Terwujudnya penemuan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan olah raga yang mendukung pembangunan bidang pendidikan dan bidang lain yang berkontribusi dalam membangun kecerdasan masyarakat.
  3. Terselenggaranya PKM yang mendorong pengembangan potensi masyarakat dalam mendorong tercapainya masyarakat madani yang sejahtera.
  4. Terwujudnya sinergisitas dan harmoni  dalam mendukung tercapainya tata kelola yang baik, bersih, dan bertanggungjawab dengan landasan budaya santri.
  5. Terjalinnya kerja sama multipihak dalam pengembangan pendidikan-pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

D. STRATEGI PENCAPAIAN

Untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan di atas maka berbagai strategi dapat dirumuskan sebagai berikut:

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang beriorientasi pada pencapaian kualifikasi pengembangan dan pemecahan masalah IPTEK dan seni bidang PGSD, BK, Penjaskesrek, dan PGPAUD.

  1. Merumuskan pedoman pengembangan kurikulum yang berorientasi pada pencapaian   profile lulusan dan capaian pembelajaran dalam menciptakan lulusan  yang profesional sebagai pengembang dan pendidik
  2. Mengembangkan sistem pembelajaran yang dinamis dan berimbang untuk kompetensi  IPTEK dan seni, dan keterampilan
  3. Menyediakan layanan prasarana dan sarana pembelajaran yang mendukung masing-masing kompetensi  program studi
  4. Menyediakan sumber belajar sesuai kompetensi profesional.

       Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji dalam menyelesaikan berbagai masalah

  1. Menyiapkan pedoman pelaksanaan penelitian yang multidisiplin, tematik, dan kolaboratif
  2. Menyediakan anggaran penelitian yang berimbang dan kompetitif
  3. Menyediakan dan mengembangkan ruang publikasi ilmiah pada level nasional dan internasional.

       Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk mendorong potensi masyarakat.

  1. Menyiapkan pedoman pelaksanaan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pemecahan masalah dan mendorong potensi masyarakat dalam pembangunan  
  2. Menyediakan anggaran pengabdian masyarakat yang berimbang dan kompetitif
  3. Mengembangkan satu model pembinaan dan pengembangan sesuai konteks lokal yang relevan dengan standar nasional.

      Menyelenggarakan tata kelola program studi yang sinergis  antara ketenagaan, kepemimpinan, dan manajerial untuk  menciptakan  kinerja yang                  harmonis dan bertanggung jawab.

  1. Merumuskan program kerja yang analitis, terukur, dan efektif
  2. Menyediakan dan mengembangkan pendidik dan tenaga kependidikan  di atas standar minimal
  3. Menyediakan rewardandfunishment yang adil bagi setiap penanggungjawab unit kerja program studi.

      Mengembangkan kerja sama multipihak dalam pengembangan program studi  untuk percepatan pembangunan

  1. Mengidentifikasi setiap stakeholders yang memungkinkan menjadi mitra kerja
  2. Menawarkan program kerja sama untuk misi pengembangan pendidikan.