Kuliah Umum Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi

Pelaksanaan perkuliahan bagi mahasiswa baru Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi Tahun Akademik 2023/2024 di awali dengan Kuliah Umum dengan tema “Adab Meraih Sukses dalam Belajar”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin 18 September 2023 di Auditorium Hj Siti Rauhun Zainuddin Abdul Majid. Kegiatan yang menghadirkan Syekh Dr. Sholahuddin Muhammad asy-Syami sebagai Anggota Pusat Penelitian dan Pengembangan Turots Al-Azhar Mesir diikuti sebanyak 700 Mahasiswa FIP, Wakil Rektor I, II, dan III, Dekan, Ditektur dan segenap manajemen Universitas Hamzanwadi dengan antusias mendengarkan paparan yang disampaikan. Tujuan dilaksanakan kegiatan kuliah umum ini adalah untuk memberi stimulus atau suntikan, motivasi agar mahasiswa tetap semangat dalam belajar. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan bekal untuk mewujudkan lulusan Universitas Hamzanwadi yang berbudaya santri.


Kuliah umum ini diawali dengan sambutan Wakil Rektor III Universitas Hamzanwadi Dr. H. Musifuddin, M.Pd. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan hari ini sebagai langkah awal dalam menuntut ilmu, maka perbaikilah niat kalian dan ikhlas dalam belajar di Universitas Hamzanwadi yg mempunyai cita-cita mencetak lulusannya berdaya saing dan berbudaya santri. Selain itu, beliau berharap setelah mahasiswa mengikuti kuliah umum ini mahasiswa mengambil hikmah dari apa yang telah sampaikan narasumber dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.


Syekh Dr. Sholahuddin Muhammad asy-Syami menyampaikan kepada semua peserta bahwa menuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh karena matinya ilmu itu karena disebabkan ketidak sungguhan seorang penuntut ilmu dan matinya para ilmuan. Syekh Sholahuddin menekankan 5 kaidah penting dalam menuntut ilmu pengetahuan: 1) memahami ilmu itu lebih mendalam dan secara komprehensif, 2) memahmi urgensi dan manfaatnya ilmu, 3) jadikan referensi yang utama dalam menuntut ilmu sebagai rujukan, agar pemahaman lebih jelas, 4) mengambil ilmu dari para ahli, dan 5) menguasai ilmu dari segala bidang, karena masing-masing bidang ilmu saling memiliki keterkaitan.
Kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara kegiatan Kuliah Umum dan penyerahan kenang-kenangan.