LAUNCHING KEGIATAN PPK ORMAWA HMPS PGSD FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS HAMZANWADI DI DESA AIK

Pada hari Rabu, 05 Juli 2023 Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan bersama dengan Kabid Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Lombok Timur, beserta Kepala Desa Aik Perapa melakukan Launching Kegiatan PPK Ormawa HMPS PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi. Acara ini dilaksanakan di Aula kantor Desa Aik Perapa, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebanyak 13 orang mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini, yang terdiri dari mahasiswa Program Studi PGSD, BK, dan PGPAUD. Launching kegiatan PPK Ormawa ini juga dihadiri oleh Kabid Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Lombok Timur Bapak Pahrudin, S.Sos., Kepala Sekolah SDN 2 Aik Perapa sekaligus Ketua Pendidik Kecamatan Aikmel Bapak Abdul Hayi, S. Pd., Koordinator Program Studi PGSD, Dosen Pandamping, Presiden Mahasiswa Universitas Hamzanwadi, Gubenur FIP Universitas Hamzanwadi, Ketua PPK Ormawa BEM Universitas Hamzanwadi, Rekan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Mataram, dan Aparatur Desa Aik Perapa.

PPK Ormawa kali ini mengangkat Judul “Pendampingan Literasi Dan Numerasi Pendidikan Dasar Melalui Teras Baca Masyarakat Desa Aik Prapa” dengan tujuan dan harapan supaya melalui PPK Ormawa ini mahasiswa Hamzanwadi mampu membentuk kepribadian sebagai kader pembangunan dengan wawasan berpikir yang holistik-trasnformativ, mampu berpikir dan bekerja secara inter-disipliner, mampu menjadi sosok atau sekelompok pendidik, motivator, dan problem solver. Melalui PPK Ormawa ini juga mahasiswa diberi kesempatan untuk turut dalam pengembangan masyarakat  hususnya anak pendidikan dasar, belajar untuk mendalami permasalahan yang ada ada di masyarakat dalam konteks pembangunan dan aktif berkontribusi dalam upaya pengatasannya secara praktis mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan serta evaluasi program-program pengembangan dan pengabdian masyarakat.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 bulan terhitung sejak buli Juli sampai dengan November 2023. Bapak Kepala Desa Aik Perapa dalam sambutannya menyampaikan “Semoga dengan keberadaan mahasiswa Universias Hamzanwadi ini dapat memberikan bekal kepada masyarakat kami terutama dalam mengatasi masalah Pendidikan, karena walaupun desa kami termasuk kategori mandiri, akan tetapi perlu ada kegiatan-kegiatan seperti ini. Selain memberikan kontribusi kepada masyarakat, tetapi juga meningkatkan jiwa gotong royong dalam membangun SDM yang ungggul di Desa Aik Perapa”. Pada kesempatan ini pula, Kabid Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Lombok Timur berharap “Kegiatan ini selalu menjadi sorotan di daerah, karena di Kabupaten Lombok Timur tingkat kemampuan literasi dan numerasi masih tergolong rendah, apalagi jika lihat secara nasional. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini, kami siap membangun kolaborasi dengan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Jikalau dibutuhkan bahan-bahan bacaan, kami akan support dan distribusikan kepada rekan-rekan Tim mahasiswa untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Aik Perapa, khususnya anak-anak sekolah dasar”.

Terlaksananya kegiatan ini, Bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi berharap “Para mahasiswa bisa belajar berorganisasi dengan baik dan memunculkan kreativitas masing-masing mahasiswa serta melakukan koordinasi dengan program-program yang akan dijalankan di Desa Aik Perapa. Kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan dan mengembangkan literasi dan minat baca masyarakat utamanya anak-anak di desa setempat”. Bapak kepala desa pemerintah bersama masyarakat menyambut baik adanya program ini dukungan dari berbagai pihak lain pun hadir sebagai upaya memajukan desa. Kepala desa Aik Perapa berharap penuh kepada tim PPK ormawa untuk bisa membantu memberikan pemahaman dan berbagi ilmu kepada masyarakat baik itu dari sektor pendidikan, kesehatan, pertanian hingga peternakan agar predikat Desa Mandiri yang diberikan kepada Desa semakin kuat.