Lokakarya Sistem Bahasa Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) Anak Usia Dini

Pada hari Rabu, 03 Juli 2024 Program Studi PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi telah melaksanakan kegiatan lokakarya SIBI Anak Usia Dini. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2024. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Universitas Hamzanwadi dan dihadiri oleh Dosen PGPAUD dan Manajemen Fakultas Ilmu Pendidikan. Salah satu fokus yang diutamakan pada Program Studi PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi tentang penanganan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) terutama dalam bidang pendidikan inklusif. dalam rangka mendukung program pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang tertuang dalam Pergub No.78 Tahun 2022 tentang pendidikan inklusif, serta implementasi pendidikan berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka saat ini.

Kegiatan ini mengundang Narasumber Abdul Aziz dari Bijanta Education Center tentang Urgensi Penerapan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia di Sekolah Inlusif. Pada sesi ke II di isi oleh Anisa Muslinawati dari Bale Tumbuh Kembang tentang Praktik Sistem Isyarat Bahasa Indonesia untuk Anak Usia Dini. Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Muhammad Sururuddin, M.Pd. sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman dan sesuai amanat Undang-Undang mengatakan setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Pasal tersebut mengandung amanat bahwa semua warga negara, termasuk anak-anak yang berada dalam kondisi kurang beruntung tetap berhak mendapatkan pendidikan.

Dari kegiatain ini diharapkan Dosen Program Sudi PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan dapat memahami dan memiliki ketrampilan Sistem Bahasa Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dalam pengajaran perkuliahan, sehingga memberikan bekal bagi mahasiswa Prodi PGPAUD terampil dalam menggunakan sistem bahas isyarat bagi penyndang tunarungu di sekolah inklusif.