PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi Gelar Lokakarya Program Akselerasi Kurikulum

Program Studi PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi laksanakan kegiatan Lokakarya Program Akselerasi Kurikulum Perguruan Tinggi Menuju Merdeka Belajar Kampus Merdeka mandiri. Program Akselerasi Kurikulum Perguruan Tinggi ini merupakan program yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui direktorat pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kegiatan Lokakarya ini mendatangkan Narasumber dari Universitas Negeri Yogyakarta Ibu Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd yang merupakan pakar Pendidikan anak usia dini dan Pendidikan luar sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan hari rabu, 31 Agustus 2023. Kegiatan yang dibahas dalam lokarya ini diantaranya adalah Pengembangan kurikulum MBKM berbasis OBE dan Penyusunan perangkat pembelajaran dengan Case Based Learning dan Project Based Learning.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Muhammad Sururuddin menyampaikan kegiatan lokakarya ini bertujuan untuk menghasilkan kualitas kurikulum yang berkualitas dengan mengedepankan aspek Inovatif, Adaptif, dan kolaboratif. Selain itu juga, fakultas ilmu Pendidikan harus merespon segala perubahan dalam pengembangan kurikulum yang mengedepankan output mahasiswa yang memiliki berbagai talenta. Selain itu, Sururuddin juga menekankan kepada Dosen yang terlibat dalam program ini harus dapat memamksimalkan kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai Refreshmen dan complement kurikulum yang disusun oleh program studi.

Sedangkan Koordinator PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi Baiq Shofa Ilhami menyampaikan program lokakarya akselerasi kurikulum program studi PGPAUD ini menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas kurikulum program studi terutama dalam mencapai tujuan dari Merdeka belajar kampus Merdeka. Selain itu Baiq Shofa Ilhami juga menekankan bahwa lokakarya ini diharapkan menghasilkan kurikulum Program Studi berbasis Outcome Based Education serta seluruh perangkat pembelajarannya mulai dari RPS hingga Bahan ajar bisa sesuai dengan tujuan dari luaran program Akselerasi Kurikulum Program Studi PGPAUD.

Kegiatan lokakarya ini menjadi salah satu cara dalam menghasilkan lulusan mahasiswa di program Studi PGPAUD Universitas Hamzanwadi yang berkualitas, memiliki pengalaman dan juga dengan tujuan menuju program studi PGPAUD Universitas Hamzanwadi yang sesuai dengan Visi Universitas “ Berdaya saing dan berbudaya santri”.