HARI PUNCAK ACARA SEMARAK MILAD PRODI PGSD KE-16

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi merayakan milad yang ke-16 tahun sejak berdirinya pada 19 Juli 2007. Agenda ini, merupakan agenda tahunan program studi sebagai upaya menunjukan eksistensi sebagai salah satu program studi yang diminati di kampus Universitas Hamzanwadi. Pada tahun ini, Himpunan Mahasiswa Program Studi PGSD sebagai panitia penyelenggara milad yang ke-16 PGSD mengusung tema “Eratkan Solidaritas antar Civitas Akademika demi Terwujudnya PGSD yang Unggul”.

Milad ke-16 tahun Prodi PGSD ini dilaksanakan mulai hari Sabtu 17 Desember 2022 sampai dengan 09 Januari 2023. Dalam memeriahkan acara ini, Panitia penyelenggara telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan lomba dan seminar sebelum acara puncak. Lomba tingkat mahasiswa diantaranya, Lomba futsal tingkat mahasiswa se- Lotim, lomba paduan suara tingkat mahasiswa PGSD, lomba debat tingkat mahasiswa PGSD, dan lomba tari tradisional se-PGSD Universitas Hamzanwadi. Kemudian beberapa mata lomba lain pada tingkat SMA/MA sederajat se-pulau Lombok diantaranya, lomba tari kreasi tradisional dan lomba debat. Sedangkan lomba tingkat SD/MI sederajat diantaranya, olimpiade MIPA, lomba mewarnai tingkat SD kelas 1, lomba tari kreasi tradisional tingkat SD/MI sederajat se-pulau Lombok.

Selain dengan mengadakan kegiatan lomba, semarak milad PGSD tahun ini juga menyelenggarakan Seminar Nasional yang menghadirkan narasumber dari Universitas Negeri Surabaya dan praktisi pendidikan, kegiatan senam bersama dan zero waste di lingkungan kampus Universitas Hamzanwadi, dan ditutup dengan tasyakuran dan ngaji bersama pada hari puncak semarak milad Prodi PGSD yang ke-16 tahun. 

Hari puncak semarak milad PGSD ini dilaksanakan pada hari Senin, 09 Januari 2023 di GOR Universitas Hamzanwadi, yang dihadiri oleh Ibu Rektor Universitas Hamzanwadi, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd secara virtual (online), Staf Ahli Bupati Lombok Timur bidang ekonomi pembangunan, Ahmad Masfu SE, MM., Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Muhammad Sururuddin, M.Pd., Koordinator Prodi PGSD, Muhammad Husni, M.Pd., Sekretaris Prodi PGSD Yul Alfian Hadi, M.Pd., para Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, BEM Universitas Hamzanwadi, BEM FIP, UKM dan HMPS se-Universitas Hamzanwadi, seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan seluruh peserta serta pendamping yang mendapatkan juara pada masing-masing mata lomba.

Dalam kesempatan ini, Rektor Universitas Hamzanwadi berpesan kepada mahasiswa PGSD melalui zoom meeting untuk senantiasa terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri dengan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan. Selain itu, Ibu Rektor juga menyampaikan agar “Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknologi, karena dengan penguasaan teknologi dapat menghasilkan lulusan yang profesional dan memiliki daya saing tinggi”

Muhammad Husni, M.Pd. selaku koordinator Program Studi PGSD juga menyampaikan dalam sambutannya mengajak semua mahasiswa dan para Dosen Program Studi PGSD dan semua pihak untuk sama-sama membangun kolaborasi dan menyatukan langkah demi mewujudkan cita-cita program studi yang unggul.

“Pada tahun 2019 program studi PGSD kurang 12 poin untuk mendapatkan predikat “A”, dan inilah menjadi tantangan kita bersama, pada tahun 2023 ini kita berhak untuk mewujudkan apa yang menjadi profil program studi PGSD yang unggul” katanya.

Acara ini juga dirangkaikan dengan pemotongan tumpeng, pembagian hadiah lomba, dan ditutup dengan doa. Tidak lupa pada akhir acara, panitia menampilkan tari kreasi dengan jumlah 100 penari yang merupakan kolaborasi antara mahasiswa dan alumni PGSD. Semua tamu undangan merasa terkesima dengan pertunjukan tari kreasi yang sangat luar biasa, dan ini merupakan bagian dari keterampilan lain yang dimiliki oleh mahasiswa PGSD selain keterampilan mengajar di Kelas.